Cara Mudah Atasi Kesalahan Tak Terduga Saat Menambahkan Metode Pembayaran Adsense [OR-IEH-02]

Error OR-IEH-02, metode pembayaran

ZONA PIRASI - Halo Sobat, pada kesempatan ini saya akan berbagi sedikit pengalaman dan ilmu tentang cara mengatasi "Terjadi kesalahan tak terduga, coba lagi nanti. [OR-IEH-02]" pada saat menambahkan metode pembayaran di Google Adsense.

Tepat pada 12 Juni 2021, akun Adsense saya sudah mencapai nilai minimum pembayaran (Rp 1.300.000), dan mendapatkan notifikasi untuk menambahkan metode pembayaran. 

Metode pembayaran, google Adsense

Namun, ketika saya hendak menambahkan metode pembayaran tersebut malah terjadi error dengan keterangan "Terjadi kesalahan tak terduga, coba lagi nanti. [OR-IEH-02]", meskipun sudah saya coba berkali-kali.


Baca Juga: 4 Aplikasi Terbaik Untuk Menyadap WhatsApp Pasangan Dengan Mudah



Panik nggak sih ?
Panik nggak yaa, Panik nggak yaaa, Ya Paniklah masak nggak ! 

Kemudian saya mulai mencari solusi di Google maupun di YouTube, namun tetap saja tidak ada satu artikel pun yang dapat memberi kejelasan terkait metode pembayaran akun Adsense saya.

Hingga keesokan harinya (13/5/2021), barulah saya mendapatkan penjelasan yang jelas tentang bagaimana cara mengatasi error OR-IEH-02 tersebut dari salah satu teman saya yang juga berkecimpung di dunia Adsense.

Alhamdulillah, akhirnya pada 14 Juni 2021 saya sudah bisa menambahkan metode pembayaran di akun Google Adsense. Dan saat ini rekening saya sedang dalam proses verifikasi.

Verifikasi rekening,


Dari pengalaman tersebut, saya yakin banyak sobat-sobat diluar sana yang mengalami hal serupa, dan mungkin kamu salah satunya.

Baiklah, jangan berlama-lama lagi. Mari langsung saja simak;

Baca Juga : 7 Penyebab Kenapa Selalu Gagal Lolos Saat Ikut Seleksi Gelombang Kartu Prakerja

Cara Mudah Mengatasi Tidak Dapat Menambahkan Metode Pembayaran Google Adsense - Error [OR-IEH-02]

Oke, bagi sobat yang mengalami hal serupa. Dan untuk mengatasinya silahkan sobat ikuti tahap demi tahap yang kami sajikan dibawah ini.

Langkah 1 : 

Sobat harus verifikasi kembali akun Google Pay (Google Payment). Dan untuk memverifikasinya silahkan klik Verifikasi Google

Kemudian akan muncul tab baru seperti pada gambar dibawah ini.

Verifikasi ktp, google payment

Langkah 2 :

Untuk memverifikasi, terlebih dahulu kita harus mengisi form. Perhatikan No.1-8 pada gambar dibawah ini.


Keterangan:

  1. Isi nama depan dan belakangmu sesuai dengan nama pada akun Gmail Google.
  2. Isi email kamu, yaitu email yang kamu gunakan pada akun Google Adsense.
  3. Tambahkan email yang bisa dihubungi oleh team Google (Kalau tidak di isi pun tidak apa-apa).
  4. Pada No.4 Pilih Adsense, karena permasalahan kita saat ini adalah terkait Adsense.
  5. Masukkan ID profil pembayaranmu. Jika kamu tidak tahu ID mu berapa. Klik DISINI untuk melihatnya.
  6. Silahkan upload foto KTP/SIM atau sebagainya.
  7. Centang (YA) jika ada alamat rumah didepan foto tanda pengenal tersebut. Dan jika sebaliknya, maka centang (TIDAK).
  8. Klik (KIRIM) untuk mengirim form ke team Google.

Baca Juga : Cara Mengisi Formulir Pajak Adsense Youtube Tanpa NPWP Dengan Mudah

Langkah 3 :

Jika langkah 1 dan langkah 2 sudah sobat selesaikan. Selanjutnya tunggu email dari team Google. 

Pada tahap ini kita harus sabar menunggu dua email dari Google. Maka ceklah kotak masuk Email secara berkala.

Berdasarkan pengalaman saya, Email yang pertama sampai sekitar 8 jam setelah pengiriman form verikasi.

Berikut bunyi email pertama :


Email pertama ini saya terima pada pukul 10:43 Wib. Dan setelah beberapa jam kemudian barulah saya terima email yang kedua, tepatnya pada pukul 13:27 Wib. Berikut isi email yang kedua;



Setelah menerima email yang kedua. Saya langsung mengisi kembali metode pembayaran di akun Google Adsense saya. Dan Alhamdulillah, akhirnya saya sudah bisa memasukkan metode pembayaran tersebut tanpa ada kendala dan error sama sekali.

Akhir Kata

Nah, itulah sedikit pengalaman saya mengenai cara mengatasi Google Adsense yang error OR-IEH-02 saat menambahkan metode pembayaran.

Baca Juga : Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat Meski Di Makan Usia

Semoga tulisan ini bisa membantu sobat-sobat semua, terutama yang mengalami kendala seperti saya terkait akun Adsense.

Dan, Bagi sobat yang mungkin ada pertanyaan, bisa lembarkan tanyamu di kolom komentar bawah.

(SamsulRizal)

10 Komentar

Berkomentarlah dengan bijaksana dan bertanggung jawab. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator itu sendiri.

  1. Terima kasih ilmunya min. Sudah saya coba. Work dalam 2 hari ...

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat, terutama bagi saya pribadi.

    BalasHapus
  3. udah 1x24 jam ga ada email masuk min, ada solusi lain kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba terus tunggu sampai 2/3 hari. Kalo 2-3 hari belum juga dapat email dari team google. Coba isi dan kirimkan kembali form verifikasi payment adsense.

      Hapus
  4. lapor brother ,, aku udah ikutin agan tp hasilnya gini :((



    Kami tidak dapat memverifikasi informasi pembayaran Anda dengan dokumen yang Anda kirimkan karena alasan berikut:

    Gambar instrumen pembayaran yang Anda kirimkan tidak dapat diverifikasi
    Atasi masalah ini, lalu klik di sini untuk mengirimkan kembali informasi Anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena ada kekeliruan pada saat mas/mbak mengisi data diri di form verifikasi atau bisa juga karna foto indetitasnya buram dan sebagainya. Saran saya, coba mas ulangi kembali proses verifikasi dengan seksama.

      Hapus
    2. 1 jam ada notif gmail tp malah gini isinya .. bingung saya mass , sudah berapa kali saya upload namun hasilnya nihil balik lagi seperi ini :


      Karena ada aktivitas yang mencurigakan, kami telah menangguhkan kemampuan untuk melakukan pembayaran melalui akun Anda atas produk dan layanan Google untuk mencegah tagihan tidak sah.

      Agar Anda dapat kembali melakukan pembayaran, kami harus memverifikasi bahwa Anda adalah pengguna resmi metode pembayaran yang baru saja Anda gunakan dengan Google.

      Klik di sini untuk melakukan proses verifikasi. Anda harus mengupload:

      Bukti kepemilikan metode pembayaran, seperti gambar atau hasil pindaian instrumen pembayaran atau laporan mutasi bank

      Pindaian tanda pengenal berfoto resmi yang mengonfirmasi nama penagihan pada instrumen pembayaran

      Hapus
    3. Coba tunggu dan jangan apa-apain dulu selama dua hari mas. setelah coba isi form verifikasi kembali. pastikan untuk mengisi form dengan teliti dan gambar dokumen tanda pengenal tidak buram/kabur.

      Hapus
Lebih baru Lebih lama