Bank Aceh Imbau Nasabah Waspada Penipuan Dengan Modus Meminta Informasi Pribadi

Foto: Bankaceh.co.id

ZONA PIRASI, Aceh - Bank Aceh mengingatkan para nasabah untuk mewaspadai penipuan bermodus phising atau tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu ATM secara tidak sah dengan tujuan penipuan atau kejahatan.

Hal itu disampaikan Pimpinan Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Aceh, Yusnimar, Kamis (13/1/2022).

“Sehubungan dengan adanya pihak-pihak yang melakukan upaya-upaya penipuan yang mengatasnamakan Bank Aceh melalui komunikasi WA, SMS maupun akun sosisal media lainnya, maka diharapkan seluruh nasabah Bank Aceh senantiasa untuk berhati-hati dan tidak menghiraukannya,” ujarnya.

Baca Juga: TKW Asal Banda Aceh Lumpuh dan Terlantar di Malaysia, Perlu Bantuan dari Pemerintah

Dikatakan, Bank Aceh tidak pernah meminta Kode OTP, password, PIN, Kode Aktivasi maupun informasi pribadi apapun kepada nasabah.

Informasi tersebut, menurutnya, merupakan privasi yang hanya boleh diketahui oleh nasabah.

Yusnimar mengatakan, akhir-akhir ini marak modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Aceh.

Salah satu penipuan yang saat ini sedang terjadi adalah program Pesta Poin Bank Aceh.

Dikatakan, modus ini marak di sejumlah medsos.

Penipuan dilakukan melalui sebaran informasi bahwa aplikasi Mobile Banking Bank Aceh, Action, mengadakan pesta poin dengan meminta klik link yang akan mengarah ke chat WA.

Selanjutnya, pelaku meminta nasabah untuk mengisi data pengguna mobile banking seperti username, password, Mobile PIN, nomor kartu ATM dan PIN ATM.

Baca Juga: Media Asal Inggris Soroti Kasus Wanita di Aceh yang Dihukum Cambuk 100 Kali

Pelaku juga meminta kode OTP yang dikirimkan ke HP nasabah.

Yusnimar menyarankan kepada seluruh nasabah agar jangan pernah memberikan informasi kredensial seperti PIN ATM, Mobile password dan mobile PIN melalui media apapun.

“Jangan pernah memberikan informasi penting dengan alasan apapun kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” ujarnya.

Dikatakan, aplikasi mobile banking Action memiliki banyak keunggulan dengan fitur yang memudahkan nasabah dalam mengakses sejumlah layanan transaksi.

Kiranya pengguna dapat dengan cermat menggunakannya, sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selanjutnya, ia menyarankan agar nasabah dan masyarakat melakukan konfirmasi ke Contact Center Bank Aceh di 1500845 atau mendatangi kantor cabang terdekat terhadap informasi produk maupun promosi Bank Aceh.

Adapun saluran informasi resmi terhadap Bank Aceh dapat di akses melalui Website www.bankaceh.co.id, telefon di nomor (0651) 22966, Fax (0651) 32598, Instagram di @bankacehofficial.

Sementara alamat email resmi Bank Aceh adalah divisi.cotary@bankaceh.co.id. (mir)

Sumber: SerambiNews

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijaksana dan bertanggung jawab. Isi komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator itu sendiri.

Lebih baru Lebih lama